Rabu, 20 Agustus 2014

HAKIKAT DOA


Hakikat Doa


"dan Tuhan kamu berfirman : 'Berdoalah kepada-Ku niscaya akan kuperkenankan bagimu. sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku [Berdoa] akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina.'" (Surah Al Ghafir:60)

orang yang berdoa kepada Allah tidak akan pernah sia-sia. Allah akan mengabulkan setiap doa dari hamba-hambanya, karena Allah sangat dekat dengan kita. dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. sementara orang yang tidak pernah berdoa kepada Allah adalah orang-orang yang sombong.



"dan apabila hamba-hambaku bertanya kepadamu tentang Aku, maka [jawablah] bahwa Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia mohon kepadaku, maka hendaklah mereka itu memenuhi [segala perintahKu] dan hendaklah mereka beriman kepadaku agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (Surah Al Baqarah:186)



namun tidak setiap orang doanya kabulkan oleh Allah, melainkan hanya orang-orang yang dikehendaki-Nya saja yaitu orang-orang yang beriman kepadaNya serta memenuhi segala perintah-Nya juga menjauhi segala larangan-Nya.



Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Salam bersabda "tiada seorang berdoa kepada Allah dengan suatu doa kecuali dikabulkan-Nya dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal yaitu dipercepatnya terkabulnya baginya di dunia, disimpan [untuknya sampai di akhirat], atau diganti dengan mencegahnya dari musibah [bencana] yang serupa." (H.R. Ath-Thabrani)



sebagai seorang Muslim dalam berdoa hendaklah kita tidak pernah berputus asa dan tidak berburuk sangka kepada Allah, karena merasa doa kita tidak didengar atau tidak dikabulkan.



sejatinya seperti yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Salam, Allah akan mengabulkan doa seorang muslim selama doa itu baik. kalaupun tidak telaksana, bukan berarti tidak dikabulkan. bisa jadi ditangguhkan masanya atau diganti dengan pahala di akhirat kelak. bisa juga doa tersebut dijadikan sebagai penolak bala atas kita. dalam arti, doa tersebut menjadi pengganti dari sesuatu yang buruk yang akan menimpa kita menjadi sesuatu yang baik. dengan kata lain, itu semua berarti usaha kita dalam berdoa tidak ada yang sia-sia di sisi Allah.



Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Salam bersabda "tidak ada sesuatu yang lebih mulia disisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala melebihi doa." (H.R. Tirmidzi)



Allah Subhanahu Wa Ta'ala sangat senang kepada hamba hamba-Nya yang senantiasa berdoa dan memohon kepada-Nya. oleh karena itu janganlah kita menjadi orang yang sombong dengan jarang atau tidak pernah berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. berdoalah dengan penuh ke ikhlasan dan keyakinan, bahwa Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan mengabulkan doa kita.

_Ashef Muhammad AL-ImaZMuda_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar