HADITS AL-HAFIZH IBNU JAWZI MENJELASKAN HADITS2 MUTASYAHIRAT (MEMBONGKAR AQIDAH SESAT KAUM WAHABI )
Hadits al Hafizh Ibnul Jawzi Menjelaskan Hadits2 Mutasyabihat (Membongkar Aqidah Sesat Kaum Wahabi)
Masih Banyak yang bertanya ama ane, Siapa WAHABI,? Sdh berulang-ulang
ane Bahas, tapi memang mash banyak yang belum tahu, yang belum tahu
silakan di baca dengan sesama, yang sdh tahu semoga jadi renungan..
Jika bermampaat Silakan Bagikan..
Hadits Pertama:
Hadits riwayat Imam al-Bukhari dan Imam Muslim dalam dua kitab Sahih
masing-masing; dari hadits Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda:
خَلَقَ اللهُ تَعَالَى ءَادَمَ (عليه الصلاة والسلام) عَلَى صُوْرَتِهِ
[Makna literal riwayat ini tidak boleh kita ambil, mengatakan: ”Allah
menciptakan Nabi Adam di atas bentuk-Nya”. Makna literal ini seakan
menetapkan bahwa Allah memiliki bentuk].
Pemahaman manusia
dalam menyikapi hadits ini ada dua kelompok. Kelompok pertama; tidak
mempertanyakan tafsirannya [Artinya mereka mengimani hadits ini tanpa
meyakini bahwa Allah sebagai benda yang memiliki bentuk dan ukuran],
sementara kelompok ke dua mempertanyakan maksud dan tujuannya. Kelompok
ke dua ini mempermasalahkan kata ganti (Dlamîr); yaitu hurufHâ’ pada
redaksi “صورته”, kembali ke manakah dlamîr tersebut? Ada tiga pendapat:
1. Kata ganti tersebut kembali kepada manusia yang ada dalam konteks
hadits tersebut. Karena konteks hadits tersebut menceritakan bahwa suatu
ketika Rasulullah lewat di hadapan seorang yang tengah memukul wajah
temannya. Orang yang memukul tersebut berkata kepada orang yang dipukul:
“Semoga Allah menjadikan buruk terhadap wajahmu dan wajah-wajah orang
yang menyerupai wajahmu”. Kemudian Rasulullah bersabda: “Jika seorang
dari kalian memukul saudaranya maka hindarilah untuk memukul wajah
karena sesungguhnya Allah telah menciptakan Nabi Adam di atas (seperti)
bentuknya”.
Dalam hadits ini disebutkan Nabi Adam secara khusus
adalah karena beliau manusia pertama dengan bentuk wajah (dan fisik)
yang kemudian “diwarisi” turun-temurun oleh semua orang sesudahnya.
Dalam hadits itu Rasulullah seakan berkata: “Engkau telah menghinakan
wajah Nabi Adam padahal engkau berasal dari keturunannya”, dengan
demikian uangkapan Rasulullah ini sebagai peringatan yang sangat kuat
dan mendalam. Kesimpulannya, dalam pendapat pertama ini, kata ganti
(dlamîr) dalam redaksi hadits di atas kembali kepada orang yang berada
dalam konteks hadits tersebut.
Adalah pemahaman yang sangat
buruk jika dipahami bahwa dlamîr dalam hadits di atas kembali kepada
Allah [seperti pemahaman kaum Musyabbihah yang menyimpulkannya bahwa
Allah memiliki bentuk], karena dalam konteks tersebut bahwa orang yang
memukul berkata: “Semoga Allah menjadikan buruk terhadap wajahmu dan
wajah-wajah orang yang menyerupai wajahmu”; dengan demikian jika
dipahami bahwa dlamîr dalam hadits tersebut kembali kepada Allah maka
berarti dalam pemahaman yang rusak ini Allah berwajah jelek, [di samping
kesesatannya menetapkan anggota wajah bagi Allah].
Adapun redaksi Imam Muslim tentang riwayat ini adalah; Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda:
إذَا قَاتَلَ أحَدُكُمْ فَلْيَجْتَنب اْلوَجْهَ فَإنّ اللهَ تَعَالَى خَلقَ ءَادم عَلى صُوْرَتِه
2. Bahwa dlamîr “Ha” pada kata “صورته” untuk mengungkapkan dua nama
yang nyata sebagai makhluk yang memiliki bentuk (shûrah). Oleh karenanya
tidak benar jika dimaksudkan dengandlamîr tersebut adalah Allah, karena
telah tetap dalil bahwa Allah bukan benda yang memiliki bentuk dan
ukuran. Dengan demikian yang dimaksud “صورة” dalam hadits tersebut
adalah kembali kepada Nabi Adam. Maka makna hadits tersebut adalah:
“Sesungguhnya Allah telah menciptakan Nabi Adam di atas bentuk (shûrah)
sempurna seperti apa yang telah dikehendaki oleh-Nya pada diri Nabi Adam
tersebut, tidak melalui proses; dari air mani, lalu segumpal
darah(‘Alaqah), dan lalu segumpal daging (Mudlghah), artinya
penciptaannya itu bukan lewat proses seperti pada penciptaan anak
cucunya”. Pendapat ini dinyatakan oleh Imam Sulaiman al-Khathabi, juga
telah disebutkan oleh Imam Tsa’labah dalam kitab al-Amâlî.
3. Bahwa dlamir “Ha” pada kata “صورته” kembali kepada Allah. Dalam makna ini terdapat dua pemahaman berikut;
Pemahaman pertama: dalam pengertian milik, artinya bahwa bentuk
(shûrah) Nabi Adam tersebut adalah ciptaan dan milik Allah [sebagaimana
seluruh alam ini adalah ciptaan Allah dan milik-Nya]. Dalam makna ini
penyandaran kara shûrah kepada dlamir “Ha” (Allah) mengandung dua makna.
Pertama; penyandaran untuk tujuan memuliakan (Idlâfah at-Tasyrîf),
contoh seperti ini dalam firman Allah:
وَطَهِّرْ بَيْتِيَ لِلطّائِفِيْنَ
Pengertian “بيتي” [yang secara literal bermakna “rumah-Ku”; yang
dimaksud ka’bah] dalam ayat ini bukan artinya Allah berada di dalam
ka’bah, tetapi dalam pengertian bahwa rumah tersebut (Ka’bah) adalah
rumah yang dimuliakan oleh Allah (Bait Musyarraf Alâ Allâh). Kedua;
penyandaran untuk tujuan mengungkapkan bahwa Allah yang menciptakan
bentuk Nabi Adam tersebut di mana bentuk tersebut tidak pernah ada
sebelumnya.
Pemahaman ke dua: bahwa makna “الصورة” dalam hadits
tersebut dalam pengertian “الصفة” (sifat). Dalam bahasa Arab jika
dikatakan: “هذا صورة هذا الأمر” maka maknanya adalah “صفة الأمر” [arti
perkataan tersebut; “Ini adalah gambaran (sifat) dari masalah itu”].
Dalam pemahaman ini maka makna hadits di atas adalah bahwa Allah telah
menciptakan Nabi Adam dengan sifat-sifat seperti sifat-sifat Allah [dari
segi lafazhnya], seperti sifat hidup (al-Hayât), berilmu (al-‘Ilm),
memiliki kemampuan (al-Qudrah), mendengar (as-Sama’), melihat
(al-Bashar), dan berkehandak (al-Irâdah). [Artinya; sifat-sifat ini
serupa dengan sifat-sifat Allah dari segi lafazh-nya saja, tentu dari
segi makna berbeda, ini yang disebut dengan Ittifâq Bi al-Lafzh Dûna
al-Ma’nâ]. Dengan sifat-sifat inilah Allah menjadikan Nabi Adam memiliki
keistimewaan dibanding makhluk lainnya, bahkan diistimewakan di atas
para Malaikat sehingga Allah memerintahkan mereka untuk sujud hormat
[bukan sujud ibadah] kepadanya. Dengan demikian pemahaman kata “shûrah”
di sini secara maknawi, bukan dalam pengertian fisik yang berarti
bentuk, susunan, dan benda.
Sementara itu Abu Muhammad ibn
Qutaybah memahami hadits ini dengan pemahaman yang sangat buruk, ia
berkata: “Allah memiliki bentuk, dan bentuk-Nya tidak seperti segala
bentuk, dan Allah menciptakan Nabi Adam seperti bentuk-Nya tersebut”.
Pemahamannya ini tidak logis dan sangat rancu, padahal ungkapan seperti
itu sama saja dengan mengatakan bahwa Allah menciptakan Nabi Adam
dengan bentuk seperti bentuk Allah.Na’ûdzu billâh.
Sementara
al-Qâdlî Abu Ya’la al-Mujassim dalam memahami hadits ini berkata: “Kita
katakan bahwa Allah memiliki bentuk yang tidak menyerupai segala bentuk,
sebagaimana kita mengatakan Allah adalah Dzat yang tidak menyerupai
segala dzat”.
Ungkapan Abu Ya’la ini juga tidak logis dan
sangat rancu. Sesungguhnya makna “الذات” secara bahasa adalah “الشىء”
[artinya “sesuatu”], sementara makna “الصورة” dalam bahasa adalah
bentuk, susunan, dan tataan yang membutuhkan kepada yang menjadikannya
dalam susunan tersebut. Perkataan [Ibnu Qutaybah dan Abu Ya’la]:
“...bentuk-Nya tidak seperti segala bentuk” adalah kata-kata yang
menyalahi ungkapan sebelumnya; “Allah adalah bentuk”. Perkataan ini
persis seperti ungkapan: “Allah adalah tubuh (jism) yang tidak
menyerupai segala tubuh” [Jelas ungkapan yang kontradiktif]. Padahal
tubuh (jism) dalam pengertian bahasa adalah sesuatu yang tersusun dari
dua benda (jawhar) atau lebih. Karena itu ungkapan: “...tubuh-Nya tidak
menyerupai segala tubuh” jelas menyalahi ungkapan sebelumnya; “Allah
adalah tubuh”.
_Ashef Muhammad AL-ImaZMuda_
KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM
BalasHapusAssalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih
1xbet korean bitcoin betting - onlinebet bitcoin gambling
BalasHapus1xbet korean bitcoin 메리트 카지노 쿠폰 betting. How to 온카지노 place your first bet, deposit amount and choose the best amount of the bet, from 3-4 hours per day. 1xbet