Kamis, 21 November 2013

RAHASIA TERKABULNYA DOA KITA

 RAHASIA TERKABULNYA DOA KITA

Dalam Alquran, Allah menjelaskan bahwa setiap doa kita pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT. Sebagaimana dijamin dalam firman-Nya yang artinya,

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran". (QS. Al-Baqarah : 186)

Dalam ayat lain diperjelas,

"Dan Tuhan-mu berfirman, 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.'" (QS. Al-Ghafir :60)

Tapi mengapa masih ada keraguan pada diri kita.... agar tidak ragu bahwa doa kita dikabulkan oleh Allah SWT, berikut lima rahasia doa kita terkabul:

1. Ikhlas
Allah berfirman, "Maka, sembahlah Allah dengan memurnikan ibadah kepada-Nya, meskipun orang-orang kafir tidak menyukainya." (Al-Mu'min : 14)

Dari ayat ini kita dianjurkan untuk memperbaiki niat ibadah dan hati kita haruslah ikhlas. Jika hati kita semakin bersih dengan sesuatu yang selain allah, seperti kepentingan dunia dan isinya, maka kita akan semakin dekat dengan Allah. Jika semakin dekat dengan Allah, doa kita pasti dikabulkan. Jika ingin doa kita dikabulkan energi yang kita pakai untuk berdoa berasal dari makanan yang halal. Sebab Allah itu baik dan hanya menerima sesuatu yang baik.
Dari Abi Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda: Wahai sekalian manusia!, sesungguhnya Allah memerintahkan kepada orang-orang yang beriman apa yang di perintahkan kepada rasul

2. Ikuti Sunah Rasul
Allah berfirman, "... Dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk." (Al-A'raf : 158)
Artinya, dalam berdo'a ikutilah cara Rasulullah berdoa yakni berdo'a dengan suara yang lembut, berdo'a yang baik-baik, berdo'a saat sedang sujud dan lain sebagainya

Selain berdo'a sesuai cara Nabi, berdoalah dengan do'a yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Hati-hati dengan doa yang mengada-ada dan tidak ada tuntutannya. Jika memang tidak bisa berdo'a dengan bahasa arab atau asal bahasa arab tapi tidak tahu dalil dan maksudnya, maka sebaiknya berdo'a dengan bahasa yang mudah di pahami saja. Insya Allah semua itu dibenarkan.

3. Yakin Kepada Allah
Diantara hal yang bisa menumbuhkan kepercayaan seorang mukmin kepada Rabbnya adalah dia mengetahui bahwa segala perbendaharaan kebajikan dan keberkahan itu ada di sisi Allah.

Abu Hurairah ra., menuturkan bahwa Nabi SAW bersabda: Berdoalah kalian kepada Allah dengan meyakini bahwa Allah akan mengabulkan doa kalian.

4. Hati Khusyuk
Allah berfirman, "Sesungguhnya, mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas, dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk kepada Kami."(QS. Al-Anbiya : 90)

Artinya, dalam berdoa hati kita harus sambung dengan Allah. Kita berdoa benar-benar tertata, dengan niat yang kuat, sungguh-sungguh dan penuh harap kepada Allah SWT
Ketika berdoa hati kita hadir, hati menghadap kepada Allah dengan penuh kekhusyuan dan ketenangan. Ketika berdoa kita harus yakin kalau doa kita akan di kabulkan.

Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda: Berdoalah kepada Allah dan yakinlah bahwa doa kalian dikabulkan oleh Allah, dan ketahuilah bahwa Allah tidak menerima doa orang yang hatinya lalai dan lupa."

5. Niat Yang Kuat
Niat yang kuat, teguh pendirian, dan bersungguh-sungguh dalam berdoa adalah kunci doa terkabul, Anas ra menuturkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Jika salah seorang dari kalian berdoa, hendaklah dia berdoa dengan sungguh-sungguh dan janganlah dia mengucapkan, "YA Allah berilah aku, jika Engkau mau." sebab tidak ada yang bisa memaksa Allah."

Rahasia Do’a 99% Mustajab

Tabihun – Do’a atau berdo’a tidak asing lagi bagi telinga kita. Hampir semua agama dan kepercayaan mengajarkan kepada pengikutnya untuk senantiasa bedo’a. sebab do’a adalah pengingat ketika keberhasilan dapat diraih,maka kita sadar itu merupakan karunia Alloh, jika kegagalan yang datang, maka do’a sebagai benteng dari putus asa, karena dari situ kita tahu betapa lemahnya kita,tanpa pertolongan-Nya mustahil kita mampu menjalani hidup ini.

Sebagian orang menggap do’a sebagai “pesugihan” yang halal, mungkin Sahabat sudah mencari do’a manjur, do’a paling mujarab, do’a paling ampuh, atau juga mendatangi tempat berdo’a yang maqbul, mungkin juga sudah menyempatkan waktu untuk memasuki waktu mustajabnya do’a.

Pernahkah kita merasa kalau do’a kita ditolak oleh Alloh?
Berbagai do’a sudah dilantunkan, bermacam cara bahkan tidak jarang kita meluangkan waktu, mencari saat dan tempat yang konon mustajab untuk berdo’a, namun semua itu nyaris tidak membawa hasil, bahkan yang lebih tragis, nikmat yang kita harapkan malah laknat yang datang. Kehidupan yang layak, rejeki yang melimpah, isteri/suami yang cantik/tampan, kendaraan mewah selalu kita panjatkan agar itu berpihak pada kita, namun bukannya mendekat, malah menjauh.

Rahasia do’a makbul
Setelah bertahun-tahun terombang-ambung diantara harapan dan putus asa, kadang pertanyaan- pertanyaan datang bertubi-tubi. Kenapa Alloh masih enggan mengabulkan do’aku? Apa salahku? Kurang apalagi? Puasa sudah,berdo’a sudah,beramal sudah, tapi koq masih begini saja.

Ada 3 tahapan yang harus kita lakukan agar do’a kita maqbul, bahkan dijamin pasti insya Alloh manjur ;

1. Syukur
Mungkin kita bertanya, hidup saja susah apa yang mau disyukuri? Inilah kesalahan kita.
Coba kita renumgkan ! andai kita mempunyai anak, anak kita minta mobil-mobilan, karena kita sayang kita kasih, tapi anak itu lupa membawa pulang mainannya ketika bermain dengan kawan-kawannya. Hilanglah mainan itu.
Keesokan harinya dia merengek minta dibelikan lagi,kita pun membelikannya, dan kejadian pertama terulang lagi. Lantas jika anak kita itu minta lagi apa jawab kita? Apa akan langsung membelikannya? Tentu kita akan marah bukan?

Memang Alloh tidak seperti kita, namun kita hendaknya tahu diri, bagaimana Alloh akan mengabulkan do’a kita jika nikmat yang sudah ada saja tidak pernah disyukuri, ini namanya tidak tahu berterima kasih.

Dan yang paling penting adalah ; do’a itu bisa di ijabah atau ditolak oleh Alloh, tapi syukur pasti akan diterima ( bagaimana syukur yang benar? akan dilanjutkan dalam tulisan berikutnya , insya Alloh).

Jika kita bersyukur, maka Alloh akan menambahi anugerah-Nya kepada kita tanpa kita minta sekalipun. Alloh berfirman ; “Jika kamu menghitung-menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan dapat menentukan jumlahnya (menghitungnya). Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang.” QS. An Nahl : 18.

2. Malu
Sepantasnya kita malu, mungkin kita tidak diberi harta lebih, tapi kita masih diberi akal, tangan, kaki dan yang lebih penting kita masih hidup, tapi kenikmatan2 itu sekan tidak berarti apa-apa bagi kita, kita mendefinisikan nikmat itu hanya berupa harta,tahta,wanita.

3. Istighfar
Mohonlah ampun kepada Alloh, atas kesalahan-kesalahan yang telah kita lakukan dengan sebenar-benarnya.

Insya Alloh dengan di awali dan dilandasi 3 hal tersebut do’a kita akan di kabulkan oleh Alloh. Dengan catatan semua itu dilakukan dengan benar tanpa direkayasa & dawam.
_Ashef Muhammad AL-ImaZMuda_

1 komentar:

  1. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    BalasHapus