TAHLILAN, MAULID, SHOLAWATAN BACA YASIN BUAT MANYIT BUKAN BID'AH TAPI SUNAH
TAHLILAN, MAULID, SHOLAWATAN BACA YASIN BUAT MANYIT BUKAN BID'AH TAPI SUNAH
Membaca tahlil atau Surat Yasin sejatinya adalah berzikir; zikir yang
bertujuan mendoakan keluarga yang telah wafat. Hal itu bisa dilakukan
secara individual maupun berjamaah. Jika dilakukan secara individual,
maka kita bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. Jika dilakukan
secara berjamaah, tentu harus berkumpul di tempat khusus. Zikir yang
dilakukan secara bersama-sama, merupakan ibadah yang dianjurkan oleh
Islam. Rasulullah SAW bersabda:
لاَيَقْعُدُ قَوْمٌ يَذْكُرُوْنَ
عَزَّوَجَلَّ إِلاَّحَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ وَغَشِيَتْهُمُ
الرَّحْمَةُ وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِيْنَةُ وَذَكَرَهُمُ اللهُ
فِيْمَنْ عِنْدَهُ (رواه مسلم)
Tidaklah berkumpul suatu kaum
sambil berzikir kepada Allah Swt, kecuali mereka akan dikelilingi oleh
para malaikat. Allah Swt. akan melimpahkan rahmat kepada mereka,
memberikan ketenangan hati, dan Allah akan memuji mereka di hadapan
makhluk yang ada di sisi-Nya. (HR. Muslim)
Imam as-Syafi’i ra.
menyatakan: “Sesungguhnya Allah Swt. telah memerintahkan hamba-hamba-Nya
untuk berdoa kepada-Nya, bahkan juga memerintahkan kepada Rasul-Nya.
Apabila Allah Swt. memperkenankan umat Islam mendoakan saudaranya yang
masih hidup, tentu diperbolehkan juga mendoakan saudaranya yang telah
wafat. Dan barokah doa tersebut Insya Allah akan sampai kepada yang
didoakan. Sebagaimana Allah Swt. Maha Kuasa memberi pahala kepada orang
yang hidup, Allah Swt. juga Maha Kuasa memberi manfaat doa kepada
mayit.” (Diriwayatkan al-Baihaqi dalam Manaqib al-Syafi’i, Juz I, hal.
430)
Dalam hadits riwayat Aisyah ra., Rasulullah saw. bersabda:
ما من ميت تصلي عليه أمة من المسلمين يبلغون مائة يشفعون له إلا شفعو فيه (صحيح مسلم)
Mayyit yang dishalati oleh seratus orang Muslimin sambil (berdoa)
memintakan ampun baginya, tentu permohonan mereka akan diterima. (HR.
Muslim, 1576)
Mendoakan keluarga, khususnya kedua orang tua
yang sudah wafat, merupakan anjuran agama. Karena orang yang sudah wafat
tidak bisa lagi berbuat kebajikan. Yang bisa ia harapkan hanya 3 hal,
yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang
selalu mendoakan atau bersedekah untuknya (al-hadits). Jika ilmu dan
harta tidak punya, maka doa anak-cuculah yang selalu ditunggu oleh ahli
kubur (kita semua calon ahli kubur, lhoo…).
Kita diajurkan
selalu mendoakan leluhur kita, yang wafatnya bukan disebabkan mati
syahid, karena mereka pasti akan menghadapi ujian berat di alam kubur.
Hal ini ditegaskan oleh banyak hadits Nabi SAW (akan dijelaskan di
belakang). Sedangkan orang yang mati syahid, mereka sudah “cukup” dengan
kesyahidannya. Pernah seorang shahabat bertanya kepada Rasulullah SAW,
kenapa hanya orang mati syahid yang terbebas dari ujian kubur?
Rasulullah SAW menjawab:
كفى ببارقة السيوف على رأسه فتنة
Cukuplah ujian orang yang mati syahid itu ketika ia menghadapi kilatan pedang (ujiannya saat berperang).
Sedangkan bagi orang kebanyakan yang tidak mati syahid, maka ujian dan
siksa kubur akan selalu menunggu. Sehingga wajar bila kita selalu
mendoakan mereka, baik lewat tahlil atau bacaan Surat Yasin, agar mereka
bisa menghadapi ujian di alam kubur dengan baik.
Hakikat Tahlil dan Yasiin
Secara bahasa, tahlil artinya membaca la ilaha illalLah. Istilah sudah
menjadi dialek orang Arab yang kemudian diindonesiakan. Karena itu, di
Indonesia, istilah tahlil digunakan untuk menunjukkan aktivitas doa yang
di dalamnya memuat bacaan la ilaha illalLah, yang ditujukan untuk orang
yang sudah wafat. Dari sini dapat dipahami, bahwa di dalam tahlil pasti
terdapat bacaan la ilaha illalLah dan zikir-zikir yang lain, termasuk
ayat-ayat al-Qur’an.
Tahlil yang biasa dibaca oleh kaum
Muslimin di Indonesia, khususnya kaum Nahdliyyin, merupakan kumpulan doa
yang diambil dari ayat-ayat Al-Qur’an, mulai dari Surat Al-Fatihah,
permulaan Surat al-Baqarah, hingga tiga surat terakhir (Al-Ikhlas,
al-Falaaq, dan an-Naas). Banyak sekali riwayat hadits yang menunjukkan
keutamaan bacaan-bacaan tersebut, yang tentu saja tidak cukup diurai
satu per-satu di sini.
Dari sini dapat ditarik benang merah,
bahwa redaksi tahlil tidak harus sama. Tidak ada tahlil tunggal yang
harus diikuti oleh semua orang. Setiap doa yang ditujukan untuk orang
yang sudah wafat, yang di dalamnya memuat la ilaha illalLah, semua itu
hakikatnya adalah tahlil. Maka, di setiap daerah, bacaan tahlil itu
tidak sama persis. Sebab, tujuan utama tahlil bukan lafadznya, bukan
redaksinya, melainkan doanya dan kandungan isinya.
Mengenai
pembacaan Surat Yasin, hal itu juga merupakan ibadah dan doa yang sangat
dianjurkan. Diriwayatkan oleh Ma’qil bin Yasar ra., bahwa Rasulullah
SAW bersabda:
ويس قلب القرأن لايقرؤها رجلٌ يريد الله تبارك وتعالى والدار الاخرة إلا غفرله, واقرؤها على موتاكم (مسندأحمد بن حنبل)
Surat Yasin adalah jantung Al-Qur’an. Tidaklah seseorang membacanya
dengan mengharap ridla Allah Swt, kecuali Allah Swt. akan mengampuni
dosa-dosanya. Maka bacalah Surta Yasin atas orang-orang yang telah
meninggal di antara kamu sekalian. (Musnad Ahmad ibn Hanbal, 1941)
Pembagian Waktu
Mengenai waktu untuk mendoakan, sebenarnya boleh dilakukan kapan saja
dan di mana, baik dilakukan secara individual maupun bersama-sama.
Sebab, seperti telah ditegaskan di muka, orang yang sudah wafat itu
mendapat ujian berat selama berada di alam kubur, menunggu hari kiamat
tiba. Dalam sebuah riwayat dikisahkan, saat terjadi gerhana matahari
pada masa Rasulullah SAW, beliau memimpin shalat gerhana. Dan ketika
sedang berkhutbah, beliau mengingatkan tentang beratnya ujian bagi orang
yang sudah wafat:
إن الناس يفتنون في قبورهم كفتنة الدجال. قالت عائشة وكنا نسمعه بعد ذلك يتعوذ من عذاب القبر
Sesungguhnya manusia itu diuji di dalam kuburan mereka, seperti ujian
Dajjal. Siti Aisyah menyatakan: Setelah itu kami mendengar beliau (Nabi)
memohon perlindungan dari siksa kubur. (As-Sunan al-Kubra li an-Nasa’i,
1/572. Lihat juga Tahdzib al-Atsar 2/591 dan Shahih Ibnu Hibban 7/81).
Menurut Syeikh al-Albani, hadits riwayat an-Nasa’i ini adalah hadits shahih, sehingga bisa dijadikan sandaran hukum.
Mengenai pilihan 7 hari, 40 hari, atau 100 hari untuk melakukan doa
bersama, hal itu karena mengikuti kebiasan para sahabat dan ulama
salafus shaleh. Imam Ahmad bin Hambal ra. menyatakan dalam kitab
az-Zuhd, sebagaimana dikutip oleh Jalaluddin as-Suyuthi dalam kitab
Al-Hawi li al-Fatawi dan ad-Durr al-Mantsur:
حدثنا هاشم بن
القاسم قال حدثنا الاشجعي عن سفيان قال: قال طاوس إن الموتى يفتنون في
قبورهم سبعا فكانوا يستحبون أن يطعموا عنهم تلك الآيام
Hasyim bin
Al-Qasim meriwayatkan kepada kami: Al-Asyja’i meriwayatkan kepada kami
dari Sufyan: Imam Thawus berkata : “Orang-orang yang meninggal dunia itu
mendapat ujian berat selama 7 hari di dalam kubur mereka. Maka kemudian
para ulama salaf menganjurkan bersedekah makanan untuk orang yang
meninggal dunia selama tujuh hari itu.” (Al-Hawi li al-Fatawi, juz II,
hal. 178 dan ad-Durr al-Mantsur 5/38)
Imam Ibnu Jarir at-Thabari mempertegas maksud hadits di atas sbb:
وأخرج ابن جرير في مصنفه عن الحارث بن أبي الحرث عن عبيد بن عمير قال :
يفتن رجلان : مؤمن ومنافق فأما المؤمن فيفتن سبعا, وأما المنافق فيقتن
أربعين صباحا
Ibnu Jarir meriwayatkan dalam Mushannafnya, dari
Ibnu Abi al-Harts, dari Ubaid ibn Umair, ia berkata: Yang diuji (di
dalam kubur) adalah dua orang, yakni orang mukmin dan munafik. Orang
mukmin diuji selama 7 hari, dan orang munafik diuji selama 40 hari
(ad-Durr al-Mantsur, 5/38).
Imam Suyuthi menandaskan bahwa:
“Tradisi bersedekah selama 7 hari merupakan kebiasaan yang telah berlaku
hingga sekarang (zaman Imam Suyuthi) di Mekah dan Madinah. Yang jelas,
kebiasaan itu tidak ditinggalkan sejak masa sahabat Nabi Saw. sampai
sekarang. Dan tradisi itu diambil dari ulama salaf sejak generasi
pertama (masa sahabat Nabi Saw)”.
Telah kita maklumi, kaum
Muslimin yang mengadakan tahlil atau Yasinan, juga bersedekah dengan
memberikan hidangan kepada para undangan. Pahala sedekah tersebut
ditujukan untuk keluarga mereka yang sudah wafat.
Sedangkan
istilah “haul” (peringatan satu tahunan setelah kematian) diambil dari
sebuah ungkapan yang berasal dari hadist Nabi Saw. dari al-Waqidi:
كان النبي ص.م يزور الشهداء باحد فى كل حول, واذا بلغ الشعب رفع صوته
فيقول :سلام عليكم بما صبرتم فنعم عقبى الدار ثم ابو بكر رضي الله عنه كل
حول يفعل مثل ذلك ثم عمربن الخطاب ثم عثمان بن عفان رضي الله عنهما (اخرخه
البيهقي)
Rasulullah saw. setiap haul (setahun sekali) berziarah
ke makam para syuhada’ Perang Uhud (tahun ke 3 H.). Ketika Nabi saw.
sampai di suatu tempat bernama Syi’b, beliau berseru: Semoga keselamatan
tercurahkan bagi kalian atas kesabaran kalian (para syudaha’). Alangkah
baiknya tempat kembali kalian di akhirat.” Kemudian Abu Bakar juga
melakukan seperti itu. Demikian juga Umar bin Khatthab ra. dan Utsman
bin Affan ra. (H.R. Baihaqi)
Kesimpulan
Dari sedikit
uraian di atas, tahlilan,maulid ,sholawatan,baca yasin buat mayit
hukumnya adalah sunnah (anjuran agama). Doa-doa tersebut telah menjadi
tradisi secara turun-temurun sejak masa Shahabat hingga sekarang. Doanya
tidak wajib sama, asalkan esensinya sama.
Mengenai tuduhan
SEBAGIAN kalangan bahwa tahlilan,maulid ,sholawatan,baca yasin buat
manyit tidak punya dasar dalam syariat, itu hanyalah perbedaan pendapat
yang sangat wajar terjadi dalam masalah-masalah furu’iyyah (hukum-hukum
cabang dalam syariat). Tidak perlu dipermasalahkan. Yang mau
tahlilan,maulid ,sholawatan,baca yasin dipersilahkan, yang tidak mau
tidak apa-apa. manfaat atau mudlaratnya kembali pada diri kita
masing-masing. Tapi kami yakin, kita semua pada dasarnya ingin didoakan
oleh keturunan kita, saat kita telah berada di alam kubur kelak.
Harapan kami, kalangan yang “anti tahlilan,maulid ,sholawatan,baca
yasin” itu tidak perlu menuduh bid’ah, kufur, apalagi syirik kepada umat
Islam yang suka tahlilan,maulid ,sholawatan,baca yasin. Sebab, dalam
sebuah hadits dinyatakan bahwa tuduhan kufur kepada sesama Muslim, jika
tidak benar, maka akibatnya akan menimpa pihak penuduh sebelum ia wafat.
Wal-‘iyadzu bilLaah.
_Ashef Muhammad AL-ImaZMuda_
KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM
BalasHapusAssalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih